header-int

Ma`had Al-Jamiah IAIN Jember Gelar Pelatihan Menulis

Senin, 25 Nov 2019, 11:36:45 WIB - 206 View
Share
Ma`had Al-Jamiah IAIN Jember Gelar Pelatihan Menulis

Ma`had Al-Jamiah IAIN Jember Gelar Pelatihan Menulis

Dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis, Ma’had Al-Jamiah IAIN Jember menggelar pelatihan menulis jurnalistik pada Sabtu, 23 November 2019. Pelatihan tersebut bertempat di Aula Blok Syafiudin Zuhri Selatan.

Shidiq Ardianta, M. Pd., ketua pelaksana sekaligus staf di Ma’had Al-Jamiah IAIN Jember, mengawali pembukaan acara dengan bercerita tentang seorang perempuan yang ia temui di kereta Logawa. Perempuan tersebut lulusan sastra Inggris alumnus Sanatadarma Yogyakarta yang bekerja di Times Indonesia. Yang membuatnya tertarik pada perempuan itu adalah ternyata dalam sehari ia dapat membuat empat artikel.

Menurutnya, harus ada keseimbangan antara membaca dan menulis. Itu jika ingin bisa seperti wanita itu. Tapi, faktanya hanya segelintir orang yang mau mencurahkan gagasan-gagasannya dalam bentuk tulisan. “Maka berpikirlah untuk menulis. Jangan menunda-nunda untuk menulis dan menunggu sampai bias,tegasnya.

Banyak mahasantri yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan dasar menulis jurnalistik itu. Tujuan utama pelatihan itu adalah agar mahasantri mampu menulis dan mampu mengkritisi setiap persoalan yang ada.

Dalam kesempatan itu, para peserta awalnya diminta membaca berita. Berita yang diminta untuk dikritisi, yakni berita berjudul Gara-gara Curi Janur, 2 orang Tewas Saat Carok di Jember. Ia mengambil contoh yang menurutnya memiliki banyak kesalahan. “Penulisnya sangat tidak profesional” ujarnya. “Dari sini kita dapat berpikir bagaimana menulis yang baik, bukan asal-asalan memasukkan rumus 5W+1H”, tambahnya.

Ketika mahasantri ditanya tentang pelatihan menulis yang baru saja dilaksanakan, Abdur Rochman, mahasantri jurusan TBI asal Jember menyatakan “Ya pastinya ada ilmu baru yang bisa diambil, dan mungkin saat ini saya berharap untuk kedepannya saya mulai menulis, karena selama ini cuma suka membaca dan jarang menulis”. Tuturnya.

Lain halnya dengan tanggapan Selaturrohmah, mahasantri asal Silo. “Kan aku udah dapet metodenya, ya siapa tau aku juga bisa menulis yang bener terus karyaku bisa dikenal dunia, dan terakhir bisa dapet duit kayak Pak Shidiq”. (Inarotul M)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2019 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube