header-int

Ma`had Al-Jami`ah IAIN Jember Kembali Berkegiatan

Rabu, 04 Mar 2020, 22:04:49 WIB - 813 View
Share
Ma`had Al-Jami`ah IAIN Jember Kembali Berkegiatan

Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember Kembali Berkegiatan

 

 

Kegiatan diniyah sudah dimulai kembali pada (23/02/20) semalam. Santri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember terlihat bersemangat dalam melakukan kegiatan diniyah. Hampir tak ada mahasantri yang melanggar peraturan saat memulai kegitan  yang sudah ditentukan. Dalam mengikuti diniyah ini, santri dibagi dalam beberapa tingkatan, yakni kelas Ula, Wustho, Ulya. Kelas ula merupakan kelas dasar atau awalan, kelas wustho merupakan kelas pertengahan, dan kelas Ulya merupakan kelas tertinggi dalam diniyah.

Dengan diawalinya kegiatan ma’had, artinya seluruh mahasantri wajib mengikuti kembali serangkaian kegiatan harian mah’ad. Mahasantri dituntut siap untuk mengikuti diniyah setiap hari ba'da magrib. Selain itu, mahasantri wajib menaati jam malam yakni maksimal pukul 21.30 WIB. Sementara itu, untuk kegiatan ta’lim afkar dimulai ba’da subuh sampai 5.30 WIB. Jika melanggar aturan tersebut, mahasantri akan dikenakan sanksi berupa membaca Al-Qur’an dengan Surah Yaasin dan Al-waqiah dari pihak keamanan.

Saat salah satu mahasantri dimintai pendapatnya mengenai kegiatan awal mahad, Aulia Faradina, mahasantri BSU 4.07, mengatakan bahwa suasana di ma’had sangat ramai dan menyenangkan.

Menurut saya kembali kemahad pada hari ini saya merasa senang. Karena kemarin seharusnya tanggal 10 sudah harus di ma’had namun karena libur diperpanjang bisa kembali menikmati liburan. Namum setelah liburan usai harus sudah bisa menata niat untuk kembali ke majlis ilmu yang semoga barokah”, terangnya. (Devi Damayanti)

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube