header-int

Prof. Amany: Sesuatu yang Hilang dari Islam Harus Dicari dari Mana pun!

Senin, 30 Sep 2019, 07:57:31 WIB - 99 View
Share
Prof. Amany: Sesuatu yang Hilang dari Islam Harus Dicari dari Mana pun!

Prof. Amany: Sesuatu yang Hilang dari Islam Harus Dicari dari Mana pun!

 

Janji rektor IAIN Jember beberapa pekan lalu untuk mendatangkan tokoh-tokoh nasional di depan mahasantri bukanlah isapan jempol semata. Janji itu diutarakan ketika, Babun Suharto memberi sambutan dalam acara bedah buku “Kata yang Rapuh”. Kini, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, M. A. yang merupakan Rektor UIN Syarif Hidayatullah didatangkan dalam acara “Khatmil Quran Akbar dan Talk Show” pada 26/9/19. Babun Suharto menegaskan tujuannya mendatangkan tokoh inspiratif ini adalah untuk menyuntik semangat para mahasantri, khususny mahasantri putri. Dikatakannya, Prof. Amany ini adalah srikandi yang juga sebagai pengurus muslimat NU. Ini membuktikan bahwa santri tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itu, tidak salah jika beliaulah yang didatangkan dalam acara malam ini (talk show), ujarnya.

Dalam acara ini, Prof. Amany menegaskan bahwa pentingnya belajar keras kalau tidak ingin masa tuanya bekerja keras. Ia menceritakan bagaimana perjuangannya belajar di Mesir yang awalnya tidak dapat berbahasa Arab dan membaca kitab. Namun, ia tetap gigih belajar. Kehidupannya di Mesir ini memberinya dampak besar termasuk dalam gaya belajar. Menurutnya, ia harus meniru gaya belajar orang Mesir, yakni tidak berhenti sebelum tugas selesai. “Penderitaan saat belajar lebih baik daripada menangis di kemudian hari”, tuturnya. Ia juga menekankan pentingnya mahasantri agar memaksimalkan teknologi internet untuk hal meningkatkan ilmu. Menurutnya, ilmu itu dari Allah. Jadi, tak ada ilmu kafir. Sesuatu yang hilang dari Islam harus dicari dari mana pun, tegasnya. (Shdq)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2019 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube