header-int

Seluruh Mahasantri Ma`had Al-Jami`ah IAIN Jember Mengikuti Proses Seleksi Placement

Minggu, 08 Sep 2019, 20:07:35 WIB - 67 View
Share
Seluruh Mahasantri Ma`had Al-Jami`ah IAIN Jember Mengikuti Proses Seleksi  Placement

 

 

Seluruh Mahasantri Ma`had Al-Jami`ah IAIN Jember Mengikuti Proses Seleksi  Placement

Jember- Untuk memaksimalkan proses pembelajaran di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember, proses placement dilakukan dengan melakukan seleksi yang dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 September ini. Proses placement ini merupakan kegiatan untuk mengetahui kemampuan awal mahasantri dan menempatkannya di kelas yang sesuai dengan kemampuan mahasantri. Menurut Direktur Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember, Fathor Rahman, M. Sy. kelas yang disediakan adalah bengkel Alquran, ula, wustho, dan ulya.

“Yang tidak bisa sama sekali Alquran dan kitab, kita masukkan ke kelas bengkel Alquran. Yang agak bisa ya masuk ula. Di atasnya bagi yang lumayan bisa masuk wustho. Untuk yang sudah pinter-pinter masuk di ulya”.

Proses seleksi yang dimulai pukul 19.30 WIB ini secara umum berlangsung sangat lancar. Mahasantri terlihat sangat antusias mengikuti proses seleksi. Saat ditemui di Gedung D, Fajar Hidayat, S. Pd. selaku murobi yang juga terlibat dalam proses seleksi menuturkan bahwa semua mahasantri putra mengikuti serangkaian acara seleksi. Saat ditanya apakah mahasantri terlihat mempersiapkan diri secara khusus untuk mengikuti proses seleksi, ia menuturkan bahwa tak ada persiapan khusus. Menurutnya, rutinitas membaca Alquran sudah membantu mereka dalam proses seleksi ini.

Sementara itu, di tempat berbeda, saat dikonfirmasi mengenai penilaian seleksi placement, Sekretaris Mahad, Zainul Hakim, M.H.I. menuturkan bahwasanya nanti akan ada penggabungan nilai membaca kitab dan membaca Alquran. Penentuan kelas akan didasarkan pada peringkat. Menurutnya, saat ditemui usai menguji proses membaca Alquran di Gedung G. FTIK, selalu ada mahasiswa yang dipastikan masuk ke bengkel Alquran.

“Tahun 2018, saja terdapat 36 mahasantri yang mendapat pendampintan khusus dari divisi ta’lim dan dari pantauan seleksi awal tahun ini sudah terlihat ada beberapa mahasantri putri yang memang harus dibina secara intensif di bengkel Alquran.”

Pernyataan tersebut diiyakan oleh mualim lain yang juga menemukan beberapa mahasantri putri yang memang harus dibina secara intensif. Taraf kemampuan membaca Alquran mereka masih sangat lemah. (shdq)

 

 

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2019 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube