header-int

Talimul Afkar Berbasis Online

Sabtu, 11 Apr 2020, 16:00:49 WIB - 307 View
Share
Talimul Afkar Berbasis Online

Ta’limul Afkar Berbasis Online oleh Ma’had Al-Jami’ah

Tepat pada tanggal 06 April 2020, Devisi Ta’lim Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang berkolaborasi dengan devisi Humas mengadakan sistem ta’limul afkar berbasis online. Hal tersebut dilakukan karena muncul nya virus baru di Negara kita yaitu virus CORONA. Sehingga semua santri dipulangkan di rumah masing-masing untuk mengikuti himbauan pemerintah pusat dan institute untuk melakukan semua aktifitas perkuliahan bahkan aktifitas beribadah dirumah saja. Tidak mau mengambil resiko alhasil pembelajaran di Ma’had Al-Jami’ah pun diliburkan dan dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Hal itu dilakukan guna memutus mata rantai penularan virus corona, yang hingga saat ini sudah banyak memakan banyak korban.

Meskipun hal tersebut benar adanya, tidak membuat pelayanan dan pembalajaran di Ma’had Al-Jami’ah juga diliburkan. Devisi Ta’lim dan devisi Humas berkolaborasi untuk menyajikan sistem pembelajaran online untuk para santri, sehingga pembelajaran masih tetap berjalan meskipun harus dilakukan dengan jarak jauh yaitu di rumah masing-masing. Pembelajaran yang rutin dilakukan di Ma’had Al-Jami’ah yaitu Ta’limul Afkar dan Ta’limul diniyah. Untuk pembelajaran yang dilakukan dengan berbasis online kali ini yaitu Ta’limu afkar, dikarenakan jika Ta’limul diniyah pembelajaran dilakukan di masing-masing kelas diniyah sehingga setiap kelas terkadang tidak sampai pada materi yang sama.

Ta’limul Afkar berbasis online ini dapat diakses oleh mahasantri melalui alamat youtube Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember, sehingga meskipun mahasantri berada di rumah masing-masing masih tetap mendapatkan pelayanan dan pembalajaran oleh Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember. Tidak hanya itu, ta’limul afkar berbasis online juga dilakukan guna menuntaskan kitab yang selama ini digunakan untuk mengaji para mahasantri ketika di Ma’had Al-Jami’ah yaitu kitab Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’ah dan Kitab Ta’lim Muta’alim.

Hari pertama ta’limul afkar berbasis online ini diisi langsung oleh sekertaris Ma’had Al’Jami’ah IAIN Jember yaitu beliau Kyai Zainul Hakim, dimana beliau membahas isi dari kitab Hujjah yaitu materi tentang Tarawih, kemudian hari kedua diisi langsung oleh pengasuh Ma’had Blok Abu Bakar yaitu beliau Abah Mastur yang mengaji tentang isi dari kitab Hujjah juga tetapi dengan materi yang berbeda yaitu tentang Ziarah Makam Rasululllah SAW. Berlanjut di hari ketiga diisi langsung oleh pengasuh Ma’had Blok Saifuddin Zuhri Selatan Dan Blok Saifuddin Zuhri Utara yaitu Ayah Najich yang mengaji isi dari kitab Ta’lim wal Muta’alim dengan materi mengenai Waro’. Berlanjut yang terkahir yaitu pengasuh Ma’had Blok Rabiah Adawiyah yaitu Buya Amin yang mengaji tentang isi dari kitab Ta’lim wal Muta’alim dengan materi meneruskan lanjutan dari materi wara’.

Dengan begitu mahasantri masih bisa mengikuti pembelajaran yang biasanya rutin dilakukan ketika mereka berada di Ma’had, dan semoga hal tersebut tidak mengurangi semangat mahasantri untuk terus menuntut ilmu walau pembelajaran dilakukan dengan sistem online seperti tersebut. Dan semoga kejadian yang sedang menimpa Negara kita segera usai sehingga kita bisa melakukan kegiatan ataupun aktifitas seperti biasanya dengan normal kembali, dan mahasantri juga bisa menjalankan aktifitas di Ma’had dengan normal seperti biasanya

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube