header-int

Waspada Covid-19, Ma`had Al-Jami`ah Membuka Pelayanan dan Pembelajaran Jarak Jauh

Minggu, 03 Mei 2020, 20:08:36 WIB - 150 View
Share
Waspada Covid-19, Ma`had Al-Jami`ah Membuka Pelayanan  dan Pembelajaran Jarak Jauh

Tak mau ambil risiko, kegiatan mahasantri ma’had Al-Jami'ah IAIN Jember diliburkan. Ma’had dikosongkan terhitung pertengahan Maret 2020 kemarin hingga 5 April mendatang. Dengan demikian, mahasantri harus kembali ke rumah masing-masing dan baru kembali ke Ma’had sepuluh hari lagi.

Keputusan ini diambil oleh musyawarah pengurus sebagai tindak lanjut imbauan pemerintah pusat dan institut untuk tidak melakukan perkumpulan. Alhasil, ma’had memutuskan memulangkan mahasantri. Mengingat, jumlah mahasantri yang diasramakan di Ma’had Al-Jami’ah sekitar seribu orang. Jadi, jika mereka tidak dipulangkan, sama saja melakukan perkumpulan besar. Hal itu dinilai bersebrangan dengan prinsip social distancing. Sebagai tindak lanjut pemulangan dan prinsip social distancing tersebut, mahasantri diimbau untuk tidak pergi ke pusat perbelanjaan, wisata, dan tempat yang berpotensi ramai.

Saat dikonfirmasi, Direktur Ma'had Al-Jami’ah, Fathor Rahman, menuturkan untuk kegiatan pembelajaran tetap dilakukan. Namun, jarak jauh atau online. Pembelajaran dilakukan secara terbimbing oleh para mualim masing-masing. Hal serupa juga berlaku untuk pelayanan bagi mahasantri. Pengurus membuka pelayanan secara online dan membuka piket setiap hari. Namun demikian, mahasantri tidak diperbolehkan mengirim barang yang dialamatkan ke ma’had selama pengosongan ini. (Shdq)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube