header-int

Sarana dan Prasana

Posted by : Administrator
Share

Sarana dan Prasana Ma’had al-Jami’ah IAIN Jember

Ma’had al-Jami’ah merupakan salah satu unit yang ada di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Ma’had al-Jami’ah dioperasikan pada tahun 2016 yang diprogramkan husus bagi mahasiswa baru yang mempunyai keinginan untuk mengembangkan pengetahuan baik dalam bidang Baca Tulis al-Qur’an (BTQ), Praktek Pengalaman Ibadah (PPI) dan kajian kajian keislaman lainnya yang berlandaskan ahlussunnah wal jama’ah. Hal ini mengacu pada visi IAIN Jember yaitu sebagai pusat kajian dan pengembangan Islam Nusantara.

Ma’had al-Jami’ah IAIN Jember memiliki fasilitas yang memadai sebagai penunjang terealisasinya program yang telah direncanakan dan ditetapkan. Seperti gedung tempat tinggal, kelas madrasah diniah, ruang belajar, ruang diskusi, tempat ibadah (musholla) sarta tempat kegiatan-kegiatan yang lain seperti kegiatan khotmi al-Qur’an dan malam Diba’iyah dan kreasi santri.

Adapun gedung tempat tinggal Mahasantri terdiri beberapa gedung yang sering diistilahkan Blok. Ma’had al-Jami’ah terdiri dari empat blok,  tiga blok untuk putri dan satu blok untuk putra, semuanya terdiri dari empat lantai kecuali mahasantri putra hanya dua lantai. Secara keseluruhan gedung Ma’had al-Jami’ah bisa menampung kurang lebih 1000 mahasantri baik putra dan putri. Blok Robi’ah al-Adawiyah (BR), Blok Syaifuddin Zuhri Utara (BSU), Blok Syaifuddin Zuhri Selatan (BSS) dan Blok Abu Bakar (BA). Dari semua blok tersebut memliki fasilitas yang hampir sama yang bisa dimanfaatkan oleh mahasantri dalam setiap kegiatan.

Blok BR berada disebelah timur paling belakang IAIN menghadap ke barat yang terdiri dari 4 lantai, terdapat 48 kamar mahasantri sekaligus kamar mandinya (kamar mandi dalam), 5 kamar pengurus, 1 kantor pengurus blok, 1 ruang diskusi dan 1 ruang tamu dan juga dilengkapi dengan fasilitas yang lain seperti tempat jemuran baju, gudang, tempat olahraga dan lain-lain.

Blok Syaifuddin Zuhri Utara (BSU) berada disebelah barat menghadap ke timur yang terdiri dari 4 lantai, terdapat 72 kamar mahasantri, 9 kamar pengurus, 1 kantor pengurus blok, 1 aula, dua ruang diskusi. Setiap lantai terdapat 1 musholla dan 12 kamar mandi dan juga dilengkapi dengan tempat jemuran baju dan tempat olahraga.

Blok Syaifuddin Zuhri Selatan (BSS) tidak jauh beda dengan BSU berada di sebelah barat menghadap ke timur paling selatan yang terdiri dari 4 lantai, terdapat 75 kamar Mahasantri, 9 kamar pengurus, 1 kantor pengurus blok, 1 aula, dan 2 ruang diskusi. Setiap lantai terdapat 1 musholla dan 12 kamar mandi dan juga dilengkapi dengan tempat jemuran baju dan tempat olahraga.

Sedangkan Blok Abu Bakar (BA) lokasinya berada di samping gedung LPM dan STAIN Press. Terdiri dari 2 lantai, terdapat 24 kamar mahasanri, 2 kamar pengurus, 1 kantor pengurus blok, 1 gazebo yang bisa digunakan untuk tempat santai, belajar dan tempat tamu, 1 Musholla, 1 ruang diskusi dan setiap lantai terdapat 4 kamar mandi, tempat jemuran baju dan tempat olahraga.

Selain daripada itu Ma’had al-Jami’ah IAIN Jember juga terdapat kantor Direktur dan staff Ma’had al-Jami’ah dan kantor sekretariat bersama pengurus Ma’had al-Jami’ah yang digunakan untuk semua kepentingan pengembangan Ma’had al-Jami’ah baik pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang lain. Ma’had juga dilengkapai dengan tempat olahraga dimana santri bisa mengembangkan bakat dalam bidang olahraga dan fasilitas-fasilitas lain yang bisa digunakan untuk pemgembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Jember.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2019 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube