header-int

TAKHASSUS TAHFIDZ

Posted by : Administrator
Share

  1. LATAR BELAKANG

Dewasa ini, ghairah dan kesadaran keagamaan masyarakat Islam di negara kita semakin meningkat dan menyentuh ke semua lapisan masyarakat. Dalam bentuk simbolisme, bentuk kesadaran dan ghairah agama termanifestasikan dengan semakin ramainya ritual dan kegiatan ibadah di masjid, pengajian, majlis taklim dan tidak terkecuali di kampus-kampus baik yang berbasis agama seperti di UIN/IAIN atau kampus-kampus umum.

Salah satu bidang keagamaan yang menarik minat dan perhatian publik dewasa ini ialah dengan mengirimkan putra dan putrinya menghafalkan al-Qur'an di pondok atau lembaga Tahfidz yang sudah berdiri mapan atau yang akan dibentuk. Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis agama dan dikenal mencetak bibit-bibit sumber daya manusia par exellance, IAIN Jember diharapkan bisa berpartisipasi dalam memproduksi mahasiswa yang tidak hanya cemerlang dalam capaian akademisnya, tetapi juga mampu mempersiapkan mahasiswa yang mumpuni dan handal dalam bidang hifdzil qur'an.

Sebagai leading sector yang dberikan amanah oleh Senat dalam menghasilkan mahasantri yang unggul, cemerlang dan berkompeten maka salah satu program yang hendak digarap Mahad al Jamiah ialah membentuk program Takhassus Tahfizhul Qur’an. Dengan program ini diharapkan mahasantri yang dididik di Mahad al Jamiah IAIN Jember mampu menyelesaikan hafalan al Quran seiring dengan selesainya masa kuliah.

  1. TUJUAN PROGRAM TAKHASSUS TAHFIDZ

Secara umum program ini bertujuan untuk:

  1. Mendidik dan menghasilkan mahasantri/wati yang sejalan dengan nilai-nilai agama berdasarkan al-Qur'an dan Hadis ‘ala manhaj Ahlu Sunnah wal Jamaah dan nilai—nilai kebangsaan
  2. Mencetak generasi penghafal al-Qur’an yang berhaluan moderat dan menjadi pilar pada nilai-nilai yang dikembangkan dalam diskursus dan praksis Islam Nusantra.      
  3. Turut berpartisipasi dalam agenda pembangunan negara dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten

 

Secara khusus program ini bertujuan untuk:

  1. Mencetak mahasantri/wati plus yaitu lulus kuliah dengan baik dan cemerlang dan menghafal Al Qur'an secara simultan yaitu diwisuda S1 dan khatam hafal al Qur’an 30 juz.
  2. Menghasilkan mahasantri/wati yang mampu terjun langsung berkhidmat ke masyarakat setelah lulus kuliah
  3. Menampung dan membina mahasantri/wati yang telah mempunyai hafalan Al-Qur'an di lembaga pendidikan sebelumnya

 

  1. PROGRAM PENGAJARAN

Program ini didesain khusus untuk menghasilkan mahasantri/wati yang berkeinginan kuat untuk menghafalkan Al-Qur’an. Oleh karena itu, strategi pengajaran dan kurikulum akan menentukan keberhasilan program ini. Program ini akan membuat sistem pengajaran berbasis yang dilakukan setiap hari (daily activity) yaitu mengaji (bil nazri), setoran hafal (baru) dan mengulang hafalan (murojaah) Selain secara harian, hafalan mahasantri/wati juga dipantau melalui sistem pengajaran berbasis mingguan yaitu metode semaan baik yang kubro maupun secara berpasangan. Berdasarkan hal itu, Program Takhassus Tahfizh tidak bertabrakan dan akan berjalan seiring dengan program-program yang telah ditetapkan oleh Mahad secara keseluruhan.  

  1. WAKTU PENGAJARAN

Waktu pengajaran:

  1. Hari Senin hingga Khamis ba'da Subuh (setoran baru)
  2. Hari Minggu-Rabu Ba'da Madin (takrir atau lalaran hafalan)
  3. Hari Jumat Ba’da Subuh (semaan kubro dan berpasangan)
  1. DURASI PENGAJARAN

Program ini berdurasi selama empat (4) tahun sesuai dengan durasi perkuliahan. Dengan sistem yang baku dan alokasi waktu yang khusus, diperkirakan setiap semester mahasantri/wati mampu menghafal al-Quran 4 juz sehingga diharapkan ketika masa efektif kuliah berakhir pada semester ke-8, mahasantri/wati juga mampu menghafalkan secara keseluruhan al-Qur’an.

  1. REKRUTMEN DAN SYARAT-SYARAT

Program Takhassus Tahfizh ini akan merekrut mahasantri/wati sebanyak 30 yang terdiri dari 10 orang mahasantri dan 20 orang mahasantriwati. Calon mahasantri/wati harus memenuhi syarat-syarat seperti berikut: berkepribadian dan berakhlaq mulia, mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk menghafal al-Qur’an, mempunyai bacaan al-Qur’an yang bagus baik dari segi fasohah, makharijul huruf dan lancar dan lulus tes bacaan al-Qur’an. 

  1. TENAGA PENGAJAR

Program ini akan diajar oleh:

  1. Dr. H. Amin Fadlillah  SQ., MA al-Hafizh
  2. Hj. Ibanah Suhrowardiyah Shiam Mubarokah S.Th.I, MA al-Hafizhah
  3. Ivada Mushoddaq S.Ag al-Hafizhah
  1. PROGRAM TAMBAHAN

Terdapat dua kategori program tambahan yaitu:

  1. Semaan al-Qur'an

Program ini bersifat rutinitas dan reguler dengan tujuan untuk memperkuat hafalan mahasantri/wati. Semaan al-Qur'an ini dilaksanakan satu minggu sekali. Tempat semaan al-Qur'an di asrama, di masjid kampus dan di lingkungan kampus yang lain. Terdapat dua kategori dalam semaan al-Qur'an ini yaitu semaan kubro dan seaman berpasangan.     

  1. Studi Banding

Program ini bersifat insidental dengan tujuan untuk membuka wawasan dan pengetahuan dalam bidang hafalan Al-Qur'an dengan lembaga-lembaga Tahfidz yang sudah mapan seperti PTIQ dan IIQ Jakarta, Yayasan Arwaniyah Kudus, Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, Madrasatul Qur’an Tebuireng  dan lain-lain.

  1. Pembinaan Calon Kafilah MTQ

Program ini akan dilaksanakan dengan membina secara intensif para calon kafilah yang akan mewakili IAIN Jember dalam event Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional dan lomba-lomba yang lain. 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2019 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube